Sunday 22 February 2015

PROPOSAL CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PENJUALAN MAINAN

PROPOSAL
CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT
PENJUALAN MAINAN
PADA TOKO SUMBER BARU BERBASIS WEB


unirow


Disusun Oleh :
1.    SUWAJI                : 1412110270
2.    ADI WENDRA     : 1412110303
3.    DERY DIO P.       : 1412110256



PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE  TUBAN
2015

PROPOSAL CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA TOKO MAINAN ANAK SUMBER BARU BERBASIS WEB


A.           LATAR BELAKANG MASALAH
Seiring dan sejalan dengan perkembangan dunia industri perdagangan dan perekenomian yang berkembang begitu pesat membuat persaingan di dunia usaha pun semakin ketat. Misalnya, para pelaku usaha berlomba-lomba menawarkan produk-produk dengan harga yang terjangkau dengan fasilitas gratis untuk memikat para konsumen. Setiap pelaku perdagangan selalu berusaha menjaga eksistensinya di dunia industri, salah satunya dengan menjaga agar konsumen tetap setia dengan barang dan jasa yang ditawarkan. Perusahaan pun mulai mengubah pola pikir dari orientasi keuntungan ke arah faktor-faktor potensial lainnya seperti kepentingan pelanggan dan tingkat kepuasan pelanggan menjadi faktor utama yang harus diperhatikan oleh perusahaan. 
Semakin luasnya teknologi informasi maka, di dunia industri pun semakin populer dengan aplikasi CRM (Customer Relationship Management) yang memiliki peran penting dalam menjaga hubungan antara perusahaan dengan para pelanggannya. CRM merupakan salah satu strategi yang menganjurkan agar perusahaan membuka saluran-saluran komunikasi semudah mungkin dengan tingkat respon yang tinggi, agar pelanggan merasakan kedekatan dengan pihak perusahaan. Aplikasi operasional CRM ini berperan dalam interaksi dengan pelanggan. Diharapkan dengan adanya implementasi CRM yang baik akan membawa perusahaan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan khususnya di Toko Sumber Baru Plumpang Tuban. 




B.            ANALISA KELEMAHAN 
Sistem lama yang masih menggunakan menggunakan perhitungan manual dalam penjualan barang, tabel data yang dibangun belum ada normalisasi dan data perhitungan statik sehingga tidak memungkinkan terjadi perkembangan di kemudian hari serta lamanya proses pelayanan dalam penjualan pada pelanggan. 

C.           ANALISA KELAYAKAN 
Untuk memastikan sistem dapat dilanjutkan dan menguntungkan maka sistem harus dievaluasi kelayakannya. Berikut beberapa tahapan uji kelayakan : 
1.             Teknikal : Dilihat dari sisi teknikal sistem ini dikembangkan dan diterapkan menggunakan PHP dengan database MySQL. 
2.             Ekonomi : Secara ekonomi sistem ini akan membutuhkan biaya yang tidak terlalu besar, tetapi kemungkinan hasil yang diberikan oleh sistem akan banyak membantu dan mempermudah pegawai Toko Sumber Baru Plumpang Tuban untuk melakukan konfirmasi kepada pelanggan. 
3.             Operasional : Secara operasional sistem ini tidak membutuhkan kemampuan khusus dalam penggunaannya. Hanya saja, diperlukan pengetahuan dalam menggunakan format-format yang dibutuhkan untuk mengakses informasi. 
4.             Jadwal : Pembuatan aplikasi membutuhkan waktu selama 3 bulan. 

D.           TUJUAN PROYEK 
Proposal ini diajukan untuk membantu Toko Sumber Baru Plumpang Tuban dalam memenuhi kebutuhannya meningkatkan kualitas pelayanan khususnya penyampaian informasi kepada pelanggan. Dengan berbasis web akan memudahkan dan mempercepat penyampaian informasi kepada pelanggan. 




E.            KELUARAN UMUM 
Informasi yang dibutuhkan sistem adalah data tanggal dimana penjualan barang tersebut dilakukan hari itu. 

F.            INFORMASI INPUT SECARA UMUM 
Informasi yang di input merupakan informasi yang dibutuhkan untuk mendapatkan tanggal penjualan barang. Misalnya bagian penjualan memasukkan data nama  barang maka secara otomatis akan dilakukan perhitungan harga untuk mendapatkan data tanggal penjualan serta pelanggan akan dialihkan ke format pembayaran yang telah ditentukan atau bisa langsung datang ke lokasi penjualan barang tersebut. 

G.           KINERJA (PERFORMANCE) 
Banyaknya tansaksi yang akan diproses dan data disimpan, tergantung dari banyaknya penyimpanan data penjualan dan data pelanggan yang harus dihubungi atau dikonfirmasi untuk pembayaran penjualan barang lewat bank atau bisa datang langsung ke lokasi penjualan barang. Kemungkinan gagal dalam penyampaian informasi bisa saja terjadi karena faktor-faktor yang diantaranya gangguan server, ataupun gangguan jaringan internet yang lambat sehingga menyebabkan kegagalan itu terjadi. 

H.           PENGOPERASIAN DAN LINGKUNGAN 
Komputer server akan ditempatkan di perusahaan yang bersangkutan dan dikelola oleh seorang admin database, sedangkan pengguna dapat menerima konfirmasi pembelian dimana pun pengguna berada. 

I.              PEMELIHARAAN DAN DUKUNGAN 
Berikut jaminan-jaminan yang dibutuhkan dalam pemeliharaan dan dukungan sistem : 
1.             Pastikan bahwa jaringan internet tidak mengalami gangguan sehingga proses penjualan tidak terganggu selama 24 jam/hari. Untuk menyikapinya perlu adanya jaringan internet yang cepat tanpa terputus. 
2.             Sistem ini akan terus dapat digunakan selama perusahaan tidak mengubah pola penjualan baik itu sebagian atau keseluruhan. 
3.             Sebaiknya sebulan sekali atau dalam waktu berkala dilakukan backup untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang akan terjadi pada data yang disimpan. 

J.             DOKUMENTASI DAN PELATIHAN 
Dokumen yang dibutuhkan adalah berupa katalog yang berisi format-format yang telah disediakan bagaimana pelanggan melakukan pembelian barang serta pembayarannya. Dokumen juga dilengkapai dengan penggunaan manual aplikasi. Pelatihan diberikan kepada administrator, bagian penjualan, dan bagian pelayanan konsumen agar dapat mengoperasikan sistem secara maksimal. 

K.           GAMBARAN UMUM SISTEM 
Dalam proyek ini dibuat sistem aplikasi yang dapat menampilkan perkiraan tanggal penjualan berbasis web. Selanjutnya pelanggan akan dikonfirmasi baik cara pembelian serta pembayarannya. Sistem ini mempunyai tujuan untuk memberikan kemudahan pada pegawai perusahaan dalam menyampaikan informasi cara pembelian dan pembayaran barang kepada pelanggan. Program ini hanya diperuntukkan pada pelanggan perusahaan yang membeli barang pada perusahaan yang sudah terdaftar saja. 

L.            SPESIFIKASI SISTEM YANG DIGUNAKAN 
Berikut beberapa spesifikasi sistem yang digunakan : 
1.             Perangkat Keras: Perangkat keras yang digunakan adalah yang mendukung proses pengiriman konfirmasi kepada pelanggan, seperti berikut : 
v   Perangkat modem dan wifi. 
v   Perangkat komputer dengan prosesor Intel Core i3 atau spesifikasi yang tinggi karena sebagai server.

2.             Perangkat Lunak 
v   Windows 7 Ultimate sebagai sistem operasi. 
v   Adobe Photoshop cs3 sebagai desain.
v   Notepatt ++ dan Dreamweaver 8 sebagai editing code.
v   Xampp 1.8.1 untuk database.

M.          TIM PEMBUAT SISTEM
1.             Nama                                : Suwaji
Peranan                            : Analis Sistem.

2.             Nama                                : Adi Wendra dan Dery Dio Pradika
Peranan                            : Programmer sekaligus dokumentator.

N.           WAKTU PELAKSANAAN
1.        Tanggal mulai proyek         : 1 Februari 2015
2.        Tanggal akhir proyek          : 3 April 2015

O.           FEATURE (Jaminan, Dokumen dan Pelatihan
1.             Satu Minggu full maintenance setelah instalasi dan 1 bulan support (error fix)
2.             Katalog format penjualan dan pembayaran serta dokumen petunjuk manual penggunaan sistem.
3.             Pelatihan penggunaan aplikasi untuk administrator, bagian penjualan, dan bagian pelayanan konsumen.

P.                 PENERIMAAN
Pembuatan sistem aplikasi dibagi menjadi 2 tahap utama :
Tahap 1 Pembuatan sistem
Tahap 2 Pengujian dan perbaikan

Setiap tahap akan diselesaikan kurang lebih 1 bulan, tahapan pertama akan dimulai dengan persyaratan apabila pihak perusahaan telah menandatangani kontrak dihadapan notulis, apabila tahap pertama selesai perusahaan harus membayar 80% dari total pembayaran yang harus dibayar dan 20% setelah pengujian dan perbaikan berhasil dilaksanakan dengan baik.

Q.                RINCIAN BIAYA 
1.             Biaya Persiapan Operasi
a.              Biaya instalasi software
v   Sistem Operasi Windows 7 Ultimate            : Rp 1.500.000
v   Adobe Photoshop cs3                                   : Rp 1.200.000
v   Notepad ++ dan Dreamweaver 8                  : Rp 1.100.000
v   Xampp 1.8.1                                                  : Rp 1.000.000
v   Alamat Domain Server                                  : Rp 100.000

b.             Biaya instalasi hardware
v   Prosesor Intel Core i3                                    : Rp 1.500.000
v   Monitor LED 21”                                          : Rp 1.000.000
v   Mouse dan Keyboard                                    : Rp 100.000
v   Modem dan wifi                                           : Rp 1.500.000

2.             Biaya Proyek
a.              Analis sistem                                                           : Rp 2.000.000
b.             Programmer                                                            : Rp 3.000.000
c.              Dokumentator                                                         : Rp 1.000.000
d.             Biaya Transportasi                                                  : Rp 200.000

3.             Tahap Analisis dan Desain Biaya
a.              Mengumpulkan Data                                              : Rp. 50.000
b.             Biaya Rapat                                                            : Rp. 100.000

4.             Tahap Penerapan Sistem
a.              Biaya pelatihan sistem aplikasi                               : Rp 500.000



5.             Biaya Operasi dan Perawatan
a.              Biaya perawatan Hardware                                    : Rp 1.000.000
b.             Biaya perawatan Software                                     : Rp 1.000.000
c.              Biaya Konsultasi                                                     : Rp 300.000
Total Biaya Keseluruhan                  : Rp. 18.150.000

R.           PENUTUP 
Demikian proposal ini semoga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bapak/ibu dalam memilih pembuatan aplikasi customer relationship management untuk membantu menyampaikan informasi penjualan kepada pelanggan. Kami mengharapkan bapak/ibu dapat bekerja sama untuk pembuatan aplikasi yang lebih baik. Terima kasih.


0 komentar:

Post a Comment