PROPOSAL
CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT
PENJUALAN MAINAN
PADA TOKO SUMBER BARU BERBASIS WEB
Disusun Oleh :
1. SUWAJI : 1412110270
2. ADI WENDRA :
1412110303
3. DERY DIO P. :
1412110256
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE TUBAN
2015
PROPOSAL CUSTOMER
RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA TOKO MAINAN ANAK
SUMBER BARU BERBASIS WEB
A.
LATAR BELAKANG MASALAH
Seiring dan sejalan dengan perkembangan dunia industri
perdagangan dan perekenomian yang berkembang begitu pesat membuat persaingan di
dunia usaha pun semakin ketat. Misalnya, para pelaku usaha berlomba-lomba
menawarkan produk-produk dengan harga yang terjangkau dengan fasilitas gratis
untuk memikat para konsumen. Setiap pelaku perdagangan selalu berusaha menjaga
eksistensinya di dunia industri, salah satunya dengan menjaga agar konsumen
tetap setia dengan barang dan jasa yang ditawarkan. Perusahaan pun mulai
mengubah pola pikir dari orientasi keuntungan ke arah faktor-faktor potensial
lainnya seperti kepentingan pelanggan dan tingkat kepuasan pelanggan menjadi
faktor utama yang harus diperhatikan oleh perusahaan.
Semakin luasnya teknologi informasi maka, di dunia
industri pun semakin populer dengan aplikasi CRM (Customer Relationship
Management) yang memiliki peran penting dalam menjaga hubungan antara
perusahaan dengan para pelanggannya. CRM merupakan salah satu strategi yang
menganjurkan agar perusahaan membuka saluran-saluran komunikasi semudah mungkin
dengan tingkat respon yang tinggi, agar pelanggan merasakan kedekatan dengan
pihak perusahaan. Aplikasi operasional CRM ini berperan dalam interaksi dengan
pelanggan. Diharapkan dengan adanya implementasi CRM yang baik akan membawa
perusahaan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan khususnya di Toko Sumber
Baru Plumpang Tuban.
B.
ANALISA KELEMAHAN
Sistem lama yang masih menggunakan menggunakan
perhitungan manual dalam penjualan barang, tabel data yang dibangun belum ada
normalisasi dan data perhitungan statik sehingga tidak memungkinkan terjadi
perkembangan di kemudian hari serta lamanya proses pelayanan dalam penjualan
pada pelanggan.
C.
ANALISA KELAYAKAN
Untuk memastikan sistem dapat dilanjutkan dan
menguntungkan maka sistem harus dievaluasi kelayakannya. Berikut beberapa
tahapan uji kelayakan :
1.
Teknikal : Dilihat dari
sisi teknikal sistem ini dikembangkan dan diterapkan menggunakan PHP dengan
database MySQL.
2.
Ekonomi : Secara
ekonomi sistem ini akan membutuhkan biaya yang tidak terlalu besar, tetapi
kemungkinan hasil yang diberikan oleh sistem akan banyak membantu dan
mempermudah pegawai Toko Sumber Baru Plumpang Tuban untuk melakukan konfirmasi
kepada pelanggan.
3.
Operasional : Secara
operasional sistem ini tidak membutuhkan kemampuan khusus dalam penggunaannya.
Hanya saja, diperlukan pengetahuan dalam menggunakan format-format yang
dibutuhkan untuk mengakses informasi.
4.
Jadwal : Pembuatan
aplikasi membutuhkan waktu selama 3 bulan.
D.
TUJUAN PROYEK
Proposal ini diajukan untuk membantu Toko Sumber Baru
Plumpang Tuban dalam memenuhi kebutuhannya meningkatkan kualitas pelayanan
khususnya penyampaian informasi kepada pelanggan. Dengan berbasis web akan
memudahkan dan mempercepat penyampaian informasi kepada pelanggan.
E.
KELUARAN UMUM
Informasi yang dibutuhkan sistem adalah data tanggal dimana
penjualan barang tersebut dilakukan hari itu.
F.
INFORMASI INPUT SECARA UMUM
Informasi yang di input merupakan informasi yang
dibutuhkan untuk mendapatkan tanggal penjualan barang. Misalnya bagian penjualan
memasukkan data nama barang maka secara
otomatis akan dilakukan perhitungan harga untuk mendapatkan data tanggal
penjualan serta pelanggan akan dialihkan ke format pembayaran yang telah
ditentukan atau bisa langsung datang ke lokasi penjualan barang tersebut.
G.
KINERJA (PERFORMANCE)
Banyaknya tansaksi yang akan diproses dan data
disimpan, tergantung dari banyaknya penyimpanan data penjualan dan data
pelanggan yang harus dihubungi atau dikonfirmasi untuk pembayaran penjualan
barang lewat bank atau bisa datang langsung ke lokasi penjualan barang.
Kemungkinan gagal dalam penyampaian informasi bisa saja terjadi karena
faktor-faktor yang diantaranya gangguan server, ataupun gangguan jaringan internet
yang lambat sehingga menyebabkan kegagalan itu terjadi.
H.
PENGOPERASIAN DAN LINGKUNGAN
Komputer server akan ditempatkan di perusahaan yang
bersangkutan dan dikelola oleh seorang admin database, sedangkan pengguna dapat
menerima konfirmasi pembelian dimana pun pengguna berada.
I.
PEMELIHARAAN DAN DUKUNGAN
Berikut jaminan-jaminan yang dibutuhkan dalam
pemeliharaan dan dukungan sistem :
1.
Pastikan bahwa jaringan
internet tidak mengalami gangguan sehingga proses penjualan tidak terganggu
selama 24 jam/hari. Untuk menyikapinya perlu adanya jaringan internet yang
cepat tanpa terputus.
2.
Sistem ini akan terus
dapat digunakan selama perusahaan tidak mengubah pola penjualan baik itu
sebagian atau keseluruhan.
3.
Sebaiknya sebulan sekali
atau dalam waktu berkala dilakukan backup untuk mengantisipasi kemungkinan
buruk yang akan terjadi pada data yang disimpan.
J.
DOKUMENTASI DAN PELATIHAN
Dokumen yang dibutuhkan adalah berupa katalog yang
berisi format-format yang telah disediakan bagaimana pelanggan melakukan pembelian
barang serta pembayarannya. Dokumen juga dilengkapai dengan penggunaan manual
aplikasi. Pelatihan diberikan kepada administrator, bagian penjualan, dan
bagian pelayanan konsumen agar dapat mengoperasikan sistem secara
maksimal.
K.
GAMBARAN UMUM SISTEM
Dalam proyek ini dibuat sistem aplikasi yang dapat
menampilkan perkiraan tanggal penjualan berbasis web. Selanjutnya pelanggan
akan dikonfirmasi baik cara pembelian serta pembayarannya. Sistem ini mempunyai
tujuan untuk memberikan kemudahan pada pegawai perusahaan dalam menyampaikan
informasi cara pembelian dan pembayaran barang kepada pelanggan. Program ini
hanya diperuntukkan pada pelanggan perusahaan yang membeli barang pada
perusahaan yang sudah terdaftar saja.
L.
SPESIFIKASI SISTEM YANG DIGUNAKAN
Berikut beberapa spesifikasi sistem yang digunakan :
1.
Perangkat Keras:
Perangkat keras yang digunakan adalah yang mendukung proses pengiriman
konfirmasi kepada pelanggan, seperti berikut :
v
Perangkat modem dan
wifi.
v
Perangkat komputer dengan
prosesor Intel Core i3 atau spesifikasi yang tinggi karena sebagai server.
2.
Perangkat Lunak
v
Windows 7 Ultimate
sebagai sistem operasi.
v
Adobe Photoshop cs3 sebagai
desain.
v
Notepatt ++ dan
Dreamweaver 8 sebagai editing code.
v
Xampp 1.8.1 untuk
database.
M.
TIM PEMBUAT SISTEM
1.
Nama : Suwaji
Peranan : Analis Sistem.
Peranan : Analis Sistem.
2.
Nama : Adi Wendra dan Dery Dio Pradika
Peranan : Programmer sekaligus dokumentator.
Peranan : Programmer sekaligus dokumentator.
N.
WAKTU PELAKSANAAN
1.
Tanggal mulai proyek : 1 Februari 2015
2.
Tanggal akhir proyek : 3 April 2015
O.
FEATURE (Jaminan, Dokumen dan Pelatihan
1.
Satu Minggu full
maintenance setelah instalasi dan 1 bulan support (error fix)
2.
Katalog format penjualan
dan pembayaran serta dokumen petunjuk manual penggunaan sistem.
3.
Pelatihan penggunaan
aplikasi untuk administrator, bagian penjualan, dan bagian pelayanan konsumen.
P.
PENERIMAAN
Pembuatan sistem aplikasi dibagi menjadi 2 tahap utama :
Tahap 1 Pembuatan sistem
Tahap 1 Pembuatan sistem
Tahap 2 Pengujian dan perbaikan
Setiap tahap akan diselesaikan kurang lebih 1 bulan, tahapan pertama akan dimulai dengan persyaratan apabila pihak perusahaan telah menandatangani kontrak dihadapan notulis, apabila tahap pertama selesai perusahaan harus membayar 80% dari total pembayaran yang harus dibayar dan 20% setelah pengujian dan perbaikan berhasil dilaksanakan dengan baik.
Q.
RINCIAN BIAYA
1.
Biaya Persiapan Operasi
a.
Biaya instalasi
software
v
Sistem Operasi Windows
7 Ultimate : Rp 1.500.000
v
Adobe Photoshop cs3 : Rp 1.200.000
v
Notepad ++ dan
Dreamweaver 8 : Rp 1.100.000
v
Xampp 1.8.1 :
Rp 1.000.000
v
Alamat Domain Server : Rp 100.000
b.
Biaya instalasi
hardware
v
Prosesor Intel Core i3 : Rp 1.500.000
v
Monitor LED 21” : Rp 1.000.000
v
Mouse dan Keyboard : Rp 100.000
v
Modem dan wifi : Rp 1.500.000
2.
Biaya Proyek
a.
Analis sistem :
Rp 2.000.000
b.
Programmer :
Rp 3.000.000
c.
Dokumentator :
Rp 1.000.000
d.
Biaya Transportasi :
Rp 200.000
3.
Tahap Analisis dan
Desain Biaya
a.
Mengumpulkan Data :
Rp. 50.000
b.
Biaya Rapat : Rp. 100.000
4.
Tahap Penerapan Sistem
a.
Biaya pelatihan sistem
aplikasi :
Rp 500.000
5.
Biaya Operasi dan
Perawatan
a.
Biaya perawatan
Hardware :
Rp 1.000.000
b.
Biaya perawatan
Software :
Rp 1.000.000
c.
Biaya Konsultasi :
Rp 300.000
Total Biaya Keseluruhan
: Rp. 18.150.000
R.
PENUTUP
Demikian proposal ini semoga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan
bapak/ibu dalam memilih pembuatan aplikasi customer relationship management
untuk membantu menyampaikan informasi penjualan kepada pelanggan. Kami
mengharapkan bapak/ibu dapat bekerja sama untuk pembuatan aplikasi yang lebih
baik. Terima kasih.
0 komentar:
Post a Comment