Pendidikan
pada hakekatnya adalah usaha membudayakan manusia atau memanusiakan
manusia, pendidikan amat strategis untuk mencerdaskan kehidupan bangsa
dan diperlukan guna meningkatkan mutu bangsa secara menyeluruh.
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana
belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif
mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual
keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia,
serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan
negara.
Fungsi
pendidikan harus betul-betul diperhatikan dalam rangka mencapai tujuan
pendidikan nasional sebab tujuan berfungsi sebagai pemberi arah yang
jelas terhadap kegiatan penyelenggaraan pendidikan sehingga
penyelenggaraan pendidikan harus diarahkan kepada :
- Pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan bangsa,
- Pendidikan diselenggarakan sebagai satu kesatuan yang sistemik dengan sistem terbuka dan multimakna,
- Pendidikan diselenggarakan sebagai suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat,
- Pendidikan diselenggarakan dengan memberi keteladanan, membangun kemauan, serta mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses maupun kegiatan pembelajaran,
- Pendidikan diselenggarakan dengan mengembangkan budaya membaca, menulis, dan berhitung bagi segenap warga masyarakat dan
- Pendidikan diselenggarakan dengan memberdayakan semua komponen masyarakat melalui peran serta dalam penyelenggaraan dan pengendalian mutu layanan pendidikan.
Peningkatan
mutu pendidikan ditentukan oleh kesiapan sumber daya manusia yang
terlibat dalam proses pendidikan. Guru merupakan salah satu faktor
penentu tinggi rendahnya mutu hasil pendidikan mempunyai posisi
strategis maka setiap usaha peningkatan mutu pendidikan perlu memberikan
perhatian besar kepada peningkatan guru baik dalam segi jumlah maupun
mutunya. Guru sebagai tenaga kependidikan merupakan salah satu faktor
penentu keberhasilan tujuan pendidikan, karena guru yang langsung
bersinggungan dengan peserta didik, untuk memberikan bimbingan yang akan
menghasilkan tamatan yang diharapkan. Guru merupakan sumber daya
manusia yang menjadi perencana, pelaku dan penentu tercapainya tujuan
pendidikan. Untuk itu dalam menunjang kegiatan guru, diperlukan iklim
sekolah yang kondusif dan hubungan yang baik antar unsur-unsur yang ada
di sekolah antara lain kepala sekolah, guru, tenaga administrasi dan
siswa. Serta hubungan baik antar unsur-unsur yang ada di sekolah dengan
orang tua murid maupun masyarakat.
Itulah sekilas mengenai Fungsi Pendidikan Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Nasional, yang mungkin sampai saat ini belum sepenuhnya tercapai. Maaf jika ada kata-kata yang kurang sopan atau penulisan yang salah. Terima kasih dan semoga bermanfaat...
Sumber : Fungsi Pendidikan Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Nasional
Itulah sekilas mengenai Fungsi Pendidikan Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Nasional, yang mungkin sampai saat ini belum sepenuhnya tercapai. Maaf jika ada kata-kata yang kurang sopan atau penulisan yang salah. Terima kasih dan semoga bermanfaat...
Sumber : Fungsi Pendidikan Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Nasional
bener banget gan...
ReplyDelete