Thursday 12 February 2015

B2B (Business to Business ) dalam "E-Commerce"

Business to Business / B2B E-Commerce
Yang menjadi pihak pembeli dan penjual adalah suatu organisasi atau perusahaan

Siklus Perdagangana. Pre-Sale
  •    Search (Pencarian) – mencari supplier
  •    Negotiate (Negosiasi) – persetujuan kontrak perdagangan
b. Execution (Eksekusi)
  •    Order (Pesan)
  •    Delivery (Pengiriman)
c. Settlement (Penyelesaian)
  •     Invoice (Tagihan)
  •     Payment (Pembayaran)
d. After-Sales (Purna-jual), misal : garansi dan servis

Internet Commerce dalam B2B
Penggunaan dalam fase Pencarian (Searching):
  • Untuk barang dan jasa yang tidak dimiliki oleh para supplier langganan
  • Membuka kesempatan bisnis melalui iklan pada situs

Penggunaan dalam fase Pembelian (Purchasing) :
  • Organisasi / perusahaan dapat membeli barang dan jasa melalui internet
Fasilitas e-CommerceContoh Pembelian (Purchasing) : Dell
  • Pabrik besar pembuat PC
  • Pesanan langsung dari konsumen (dalam hal ini menggunakan agen atau retailer)
  • Pemesanan dilakukan melalui telepon atau online
  • www.dell.com

Keuntungan pembelian secara online :
  1. Fase eksekusi cepat dan efisien
  2. Tidak perlu ada prosedur pembelian yang rumit (hemat waktu)
  3. Tetap dapat memilih supplier agreement
  4. Tetap dapat mensyaratkan otorisasi untuk pembelanjaan tertentu
  5. Dapat memberikan laporan pembelanjaan
Keuntungan layanan purna-jual (after-sales) online :
  • Dokumentasi Online – lebih mudah untuk di-up to date daripada berkas hard copy
  • Layanan online dengan menggunakan “frequently asked questions” atau decision tree
  • Layanan e-Mail

Demikian yang dapat saya share atau saya bagikan malam ini, tunggu update di lain waktu. Terima kasih dan Semoga bermanfaat...
By : Adjie_ss

0 komentar:

Post a Comment