SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
(TINJAUAN MENYELURUH SIA)
Oleh:
Nama
: SUWAJI
NPM : 1412110270
Kelas : 2011 F
FAKULTAS TEKNIK
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE TUBAN
2013
SISTEM
INFORMASI AKUNTANSI
Pengertian SIA
Suatu
komponen organisasi yang mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengolah,
menganalisa dan mengkomunikasikan informasi finansial dan pengambilan keputusan
yang relevan bagi pihak luar perusahaan dan pihak ekstern.
Akuntansi sendiri sebenarnya adalah
sebuah Sistem Informasi.
Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sebuah Sistem Informasi yang menangani segala sesuatu
yang berkenaan dengan Akuntansi. Akuntansi sendiri sebenarnya adalah sebuah Sistem Informasi.
§ Mengumpulkan dan menyimpan data
tentang aktivitas dan transaksi.
§ Memproses data menjadi into
informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
§
Melakukan
kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.
Sistem
Informasi Akuntansi terdiri dari 3 subsistem:
§ Sistem pemrosesan transaksi,
mendukung proses operasi bisnis harian.
§ Sistem buku besar/pelaporan
keuangan, menghasilkan laporan keuangan, seperti laporan laba/rugi, neraca,
arus kas, pengembalian pajak.
§ Sistem pelaporan manajemen, yang
menyediakan pihak manajemen internal berbagai laporan keuangan bertujuan khusus
serta informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan, seperti anggaran,
laporan kinerja, serta laporan pertanggungjawaban.
Berbagai
transaksi non keuangan yang tidak bisa diproses oleh Sistem Informasi Akuntansi
biasa, diproses oleh Sistem Informasi Manajemen. Adapun perbedaan keduanya
adalah :
§ SIA mengumpulkan mengklasifikasikan,
memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi keuangan
§ SIM mengumpulkan mengklasifikasikan,
memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan semua tipe informasi
Sebuah Sistem Informasi Akuntansi
menambah nilai dengan cara:
§ Menyediakan informasi yang akurat
dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas utama pada value chain
secara efektif dan efisien.
§ Meningkatkan kualitas dan mengurangi
biaya produk dan jasa yang dihasilkan
§ Meningkatkan efisiensi
§ Meningkatkan kemampuan dalam
pengambilan keputusan
§ Meningkatkan sharing
knowledge
§ Menambah efisiensi kerja pada bagian
keuangan
2.
Komponen Sistem Informasi Akuntansi
antara lain :
SIA terdiri dari lima komponen:
1. Orang-orang,
2. Prosedur-prosedur
3. Data,
4. Software (perangkat lunak),
5. Infrastruktur
teknologi informasi.
Spesialis Informasi
§ Akuntan
Contoh
Sistem Informasi Akuntansi sebagai pusat informasi perusahaan:
§ Bagian pemasaran mempertimbangkan
untuk memperkenalkan jenis produk baru dalam jajaran produksi perusahaan, untuk
itu bagian tersebut meminta laporan analisa perkiraan keuntungan yang dapat
diperoleh dari usulan produk baru tersebut
§ Bagian SIA memproyeksikan perkiraan
biaya dan perkiraan pendapatan yang berhubungan dengan produk tersebut,
kemudian data yang diperoleh diproses oleh EDP. Setelah diproses hasilnya
dikembalikan ke bagian SIA untuk kemudian diberikan ke bagian pemasaran.
Kedua bagian akan merundingkan hasil
analisa tersebut untuk dicari keputusan yang sesuai. Dari contoh diatas dapat
ditemukan 2 aspek yang berhubungan dengan sistem bisnis modern yaitu :
§ Pentingnya komunikasi antar
departemen yang mengarah untuk tercapainya suatu keputusan.
§ Peranan SIA dalam menghasilkan
informasi yang dapat membantu departemen lainnya untuk mengambil keputusan.
Informasi Akuntansi yang dihasilkan
oleh Sistem Informasi Akuntansi dibedakan menjadi 2, yaitu :
§ Informasi Akuntansi keuangan,
berbentuk laporan keuangan yang ditujukan kepada pihak extern.
§ Informasi Akuntansi Manajemen,
berguna bagi manajemen dalam pengambilan keputusan. Sistem informasi adalah
serangkaian prosedur formal di mana data dikumpulkan, diproses menjadi
informasi dan didistribusikan ke para pengguna.
Adapun kerangka kerja sistem
informasi dibagi menjadi 2 yang utama yaitu :
§ Sistem Informasi Manajemen dan
§
Sistem
Informasi Akuntansi
PERAN S I A
§ Internet menjadikan strategi
lebih penting dari sebelumnya
§ Sistem
Enterprise resource planning (ERP) dirancang untuk mengatasi
masalah-masalah ini karena mereka mengintegrasikan seluruh aspek operasi
perusahaan dengan SIA.
Dalam
Teknologi Informasi & Strategi Perusahaan Bisnis Mempertimbangkan :
§ strategi perusahaan.
§ Bagaimana perkembangan teknologi
informasi dapat digunakan alat untuk pengadaan strategi organisasi.
§ Bagaimana perkembangan teknologi
informasi dapat digunakan untuk menciptakan kesempatan untuk memodifikasi
strategi yang ada.
Berdasarkan
pengaruhnya, terdapat bermacam-macam jenis ruang lingkup keputusan.
§ Pengendalian
Operasional berurusan dengan kinerja yang efektif dan efisien atas tugas tertentu.
§ Pengendalian
Manajemen berurusan dengan pemakaian yang efektif dan efisien atas sumber daya yang digunakan untuk
mencapai tujuan organisasi.
§ Perencanaan
Strategis berurusan dengan penetapan
tujuan organisasi dan kebijakan untuk mencapai tujuan tersebut.
Resume Sistem Informasi Akuntansi ~ Satu Hati >>>>> Download Now
ReplyDelete>>>>> Download Full
Resume Sistem Informasi Akuntansi ~ Satu Hati >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
Resume Sistem Informasi Akuntansi ~ Satu Hati >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK uY