1. Apa yang mendasari munculnya mata kuliah Interaksi manusia dan komputer?
Interaksi Manusia dan Komputer adalah sebuah disiplin ilmu yang
mempelajari perancangan, implementasi dan evaluasi sistem komputasi
interaktif dan berbagai aspek terkait. Dari perspektif ilmu komputer ,
fokus IMK adalah pada interaksi , khususnya interaksi antara satu atau
lebih manusia ( sebagai pengguna komputer ) dengan satu atau lebih mesin
komputasi ( komputer ). Dan karena itulah IMK berkembang sebagai
disiplin ilmu yang membahas hubungan timbal balik antara manusia –
komputer beserta efek-efek yang terjadi diantaranya.
2. Jelaskan ilmu disiplin apa saja yang terlibat dalam IMK dan jelaskan keterlibatannya?
a. Ilmu komputer Membahas tentang perancangan aplikasi dan
rekayasa / perancangan antarmuka untuk dapat digunakan oleh manusia
dengan mudah. Dalam hal ini menyangkut pemilihan program bantu
pendukung, bahasa pemrograman, teknik pemrograman, serta bidang ilmu
komputer lain seperti pengolahan bahasa alami, struktur data, basis
data, dan lain-lain.
b. Psikologi Membahas tentang penerapan teori proses kognitif
dan analisis empiris tantang perilaku pengguna. Di atas telah disebutkan
bahwa kita selalu berharap agar program aplikasi yang kta susun dapat
dimanfaatkan oleh pengguna lain. Setiap pengguna mempunyai sifat yang
berbeda satu sama lain sehingga perancang sistem interaksi
manusia-komputer juga harus mempelajari aspek psikologi pengguna untuk
dapat memahami bagaimana pengguna dapat menggunakan sifat dan kebiasaan
baiknya, menggunakan persepsi dan pengolahan kognitif serta ketrampilan
motorik yang dimilikinya agar dapat menjodohkan mesin dengan manusia
untuk mendapatkan kerja sama yang serasi. Psikologi eksperimental
menyediakan dasar teknik evaluasi formal untuk mengukur unjuk kerja dan
opini terhadap sistem manusia-komputer.
c. Antropologi dan Sosiologi Membahas tentang interaksi antara
teknologi, kerja, dan organisasi. Seperti diketahui, interaksi sangat
dipengaruhi oleh teknologi yang digunakan (misalnya dalam sebuah
kantor). Di sisi lain, antropologi juga dapat memberikan pandangan
mendalam tentang cara kerja berkelompok yang masing-masing anggotanya
diharapkan dapat memberikan kontribusi sesuai dengan bidang
masing-masing. Sosiologi berkaitan dengan studi tentang pengaruh sistem
manusia-komputer dalam struktur sosial. Adanya kekhawatiran sementara
orang tentang akan di PHK-nya mereka atau disingkirkannya mereka dari
kantor mereka karena adanya otomatisasi kantor sering menjadi bahan yang
menarik untuk didiskusikan.
d. Perancangan Grafis dan Tipografi Ada kata bijak yang
mengatakan bahwa “sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata”.
Dalam dunia komputer, kata ini dapat diartikan bahwa gambar dapat
digunakan sebagai sarana dialog yang efektif antara manusia dengan
koputer. Keahlian merancang grafik dan tipografi menjadi salah satu
junci penting untuk menunjang keberhasilan sistem manusia-komputer.
Karena antarmuka yang disusun dapat menjadi lebih luwes dan ampuh.
e. Teknik Elektronika Berbicara tentang komputer, khususnya
dari sisi perangkat keras, pastilah tidak terlepas dari pembicaraan
tentang teknik elektronika. Dalam bidang inilah kita dapat mempelajari
banyak sekali aspek yang berhubungan dengan perangkat keras komputer.
f. Ergonomik Saat ini semakin banyak orang yang bekerja di depan
terminal komputer untuk jangka waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu
untuk pengguna yang demikian perlu dipersiapkan meja kerja yang nyaman,
untuk menghindari kemungkinan adanya kecelakaan, naik ringan maupun
berat. Ergonomik berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan
lingkungan kerja yang nyaman. Bentuk fisik meja dan kursi kerja, layar
tampilan, bentuk papan ketik, posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan
tempat kerja, dan beberapa aspek lain sangat berpengaruh pada
kenyamanan lingkungan kerja. Meski sifat seorang pengguna dengan
pengguna lain berbeda, tetapi mereka pasti menginginkan adanya
lingkungan kerja yang nyaman ketika mereka bekerja dengan komputer.
g. Linguistik Pada saat kita menggunakan komputer, seolah-olah
kita sedang melakukan dialog dengan komputer yang ada di hadapan kita.
Untuk dapat melakukan dialog, kita memerlukan sarana komunikasi yang
memadai. Sarana komunikasi ini berbentuk suatu bahasa khusus, misalnya
bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu ataupun bahasa perintah.
Linguistik merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari bahasa.
Beberapa aspek seperti komputasi linguistik dan teori bahasa formal
membentuk bidang khusus dalam ilmu komputer. Sarana komunikasi inilah
yang akan mengarahkan pengguna ketika ia berurusan dengan komputer.
h. Perancangan Industri Membahas tentang produk-produk
interaktif. Dengan semakin berkembangnya teknologi layar tampilan,
penggunaan layar sentuh menjadi semakin populer. Penggunaan layar
sentuh, beserta teknologi di belakangnya, telah menjadi bahan kajian
yang menarik. Saat ini, selain layar sentuh, layar sentuh banyak
(multi-touch screen) juga semakin banyak digunakan.
3. Berikan kesimpulan tentang apa itu IMK berdasarkan pertanyaan no 1 dan 2 ?
Jadi IMK itu adalah disiplin ilmu yang memfokuskan pada interaksi
antara manusia dan komputer, dan fokus IMK tidak hanya pada keindahan
tampilan saja atau hanya tertuju pada tampilan antar muka saja, tetapi
juga memperhatikan aspek-aspek pemakai, implementasi sistem rancangannya
dan fenomena lingkungannya, dan lainnya. Misalnya, rancangan sistem itu
harus memperhatikan kenyamanan pemakai, kemudahan dalam pemakaian,
mudah untuk dipelajari dan sebagainya.
Yang asli bisa di unduh disini.
Sumber : Interaksi Manusia dan Komputer
0 komentar:
Post a Comment