Nama : Suwaji TUGAS
RPL
Npm : 1412110270
Angkatan : 2011 - F
1. Jelaskan dan berikan contoh mengenai :
a. REALTIME :
Merupakan
Proses pengolahan informasi yang hasinya muncul serta cepat, atau dapat
dikatakan bersama-sama dalam kondisi pengoperasian suatu sistem perangkat keras
dan perangkat lunak yang dibatasi oleh rentang waktu dan memiliki tenggat waktu
(deadline) yang jelas, relatif terhadap waktu suatu peristiwa atau operasi
terjadi.
Contoh :
Ø Sistem
pengendali pesawat terbang. Batasan waktu pada sistem pengendali pesawat
terbang harus tegas karena penyimpangan terhadap batasan waktu dapat berakibat
fatal, yaitu kecelakaan.
Ø Sistem
safety-critical. Beberapa sistem waktu nyata diidentifikasi sebagai sistem
safety-critical, dalam scenario ini sistem waktu nyata harus merespon kejadian
dalam batas waktu yang telah ditentukan maka akn terjadi bencana. Sistem
manajemen penerbangan merupakan sebuah contoh sebuah sistem waktu nyata sebagai
sistem safety-critical.
b. EMBEDDED INTELLIGENT :
Merupakan kemampuan suatu system yang bekerja secara
otomatis.
Contoh :
Ø Digital pada
kendaraan seperti alat ukur tangki bensin.
Ø Tampilan
dashboard.
Ø Sistem rem
dan lain-lain.
c. PARALLEL COMPUTING :
Merupakan cara yang dapat memungkinkan computer bekerja
secara lebih cepat dengan teknik yang dikerjakan sekaligus dua pekerjaan yang
berbeda dengan waktu yang bersamaan.
Contoh :
Ø Aplikasi
multimedia, sudah mengunakan teknologi CUDA. Software TMPGenc 4.0 misalnya
membuat aplikasi editing dengan mengambil sebagian proces dari GPU dan CPU. VGA
yang dapat memanfaatkan CUDA hanya versi 8000 atau lebih tinggi.
d. CLOUD COMPUTING :
Merupakan salah satu jenis arsitektur komputasi yang
dilakukan melalui Internet.
dilakukan melalui Internet.
Contoh :
Ø Salesforce.com,
Google Docs. salesforce.com adalah aplikasi Customer Relationship Management
(CRM) berbasis software as services, dimana kita bisa mengakses aplikasi
bisnis: kontak, produk, sales tracking, dashboard, dll.
2. Sebutkan
tahapan evolusi dari software :
a. Tahun-Tahun Awal (1950 – 1965)
a)
Orientasi batch -> update data pada periode tertentu
b)
Distribusi terbatas
c)
PL dibuat menurut pesanan
Pengembangan
perangkat lunak pada tahap pertama mempunyai ciri-ciri berorientasi batch, distribusi
software terbatas untuk kalangan tertentu sehingga apabila ada
perusahaan yang ingin dibuatkan software khusus harus memesan terlebih
dahulu.
b.
Era Kedua (1965 – 1975)
a)
Multiuser -> ada pembagian hak akses, contoh :
manager, karyawan
b)
Real time -> update data langsung ketika ada
perubahan
c)
Database
d)
Software produk
Pengembangan
perangkat lunak mempunyai ciri-ciri multi user. Pengguna dari software
sudah banyak dan bisa saling berbagi. Ciri ini menunjukkan ada
perkembangan baru yaitu interkasi manusia dan komputer (Human Computer
Interaction).
Selain
itu, ciri dari tahap kedua ini adalah real time. Real Time disini
adalah suatu kondisi dimana sistem dapat mengumpulkan, menganalisa dan
mentransformasikan data dari banyak sumber kemudian mengatur proses serta
menghasilkan output yang diinginkan. Dalam tahap ini, sudah banyak juga
paket perangkat lunak yang beredar di pasaran serta muncul istilah database
dalam perangkat lunak.
c.
Era Ketiga (1975 – 1989)
a)
Sistem terdistribusi
b)
Embedded Intelligence
c)
Hardware biaya rendah
Dalam era ini,
perangkat keras dari suatu komputer harganya sangat murah. Selain itu,
pesanan perangkat lunak sudah sangat mendominasi dari penyelesaian suatu
masalah sehingga penggunaan software pada masa itu sudah sedemikian
jauh.
d.
Era Keempat (1989 – sekarang)
a)
Sistem desktop bertenaga kuat
b)
Teknologi berorientasi objek (Object Oriented) ->
kalau ada komponen
c)
rusak, tidak perlu membeli PL baru, cukup membeli
komponen
d)
Sistem pakar -> bertindak seperti pakar
e)
Jaringan syaraf tiruan
f)
Komputasi Paralel
g)
Komputasi Jaringan
Pada
tahap ini, perangkat lunak sudah mendominasi dari pengembangan perangkat keras,
sehingga perangkat keras dalam hal ini komputer sangat dikendalikan oleh suatu
sistem operasi. TIngkat kecerdasan dari perangkat lunak semakin ditingkatkan
sehingga perangkat lunak atau software dilatih mempunyai kecerdasan seperti
yang dimilik manusia. Terbukti dengan adanya penemuan kecerdasan buatan,
jaringan syaraf tiruan, sistem pakar dan logika fuzzy. Jaringan komputer,
pemrosesan komputer paralel sangat mendominasi pada era ini. Dan, pada
masa ini pula pemrograman sudah berorientasi obyek (OOP).
3. Sifat Dan Karakteristik Software :
a)
Software dapat dikembangkan atau direkayasa tetapi
tidak dipabrikasi
b)
Software tidak pernah aus akibat Work Out (dipakai) dan
rusak tetapi yang aus adalah storage.
c)
Software biasanya dikembangkan secara menyeluruh bukan
dirakit dari komponen-komponen yang mungkin tidak berasal dari sumber yang
sama.
4. Sebutkan dan jelaskan berbagai jenis produk
software :
a)
System Software, merupakan kumpulan program-program
yang dibuat untuk menjalankan program lainnya. Beberapa contoh system software
diantaranya : compiler, editor, dan file management utilities, jenis lainnya
adalah OS, component, drivers dan telecommunications processors.
b)
Real time software, adalah software yang mengawasi/
menganalisa /mengatur kejadian nyata. Elemen dari real-time software
termasuk komponen pengumpulan data yang mengumpulkan dan memformat informasi
dari lingkungan luar, komponen analisis merubah informasi yang dibutuhkan oleh
aplikasi, komponen
input/output yang memberikan respon pada lingkungan luar dan komponen pengawasan yang mengkoordinasikan seluruh komponen sehingga respon real-time (dengan kisaran waktu 1 milidetik s/d 1 menit) dapat dilaksanakan.
input/output yang memberikan respon pada lingkungan luar dan komponen pengawasan yang mengkoordinasikan seluruh komponen sehingga respon real-time (dengan kisaran waktu 1 milidetik s/d 1 menit) dapat dilaksanakan.
c)
Business software, pemrosesan informasi bisnis
merupakan area aplikasi software terbesar. Sistem terbatas (seperti program
penggajian, program inventory dsb) mengalami perubahan menjadi sistem informasi
manajemen (MIS) yang mengakses satu atau lebih database yang berisikan
informasi bisnis. Aplikasi dalam area ini merestrukturisasi data yang telah ada
dengan suatu cara yang bertujuan untuk menfasilitasi operasi bisnis dan pembuat
keputusan manajemen.
d)
Engineering and scientific software, karakteristik
engineering dan scientific software adalah dengan digunakannya sejumlah
algoritma yang rumit. Lingkup aplikasi mulai dari astronomi hingga vulkanologi,
dari biologi molekuler hingga pabrikan otomatis. Aplikasi barunya berupa sistem
simulasi dan sistem interaksi lainnya yang bersifat real-time.
e)
Embedded software, produk-produk pintar mulai
menguasai konsumen, embedded software digunakan untuk mengatur produk dan
sistem untuk konsumen dan pasar industri, misalnya fungsi-fungsi digital pada
kendaraan seperti alat ukur tangki bensin, tampilan dashboard, sistem rem dan
lain-lain.
5. Komponen dari Real time :
a)
Perangkat keras
b)
Sistem Operasi Real time
c)
Bahasa Pemrograman Real time
0 komentar:
Post a Comment