Saturday 28 February 2015

Laporan Kerja Praktek "Website Profil Sekolah di SMP Maqom Tahrir (Plus) Rengel-Tuban"


Laporan Kerja Praktek
Kerja Praktek merupakan salah satu mata kuliah yang ada di Prodi Teknik Informatika Unirow Tuban. Disini saya akan share laporan Kerja Praktek dengan judul "Website Profil Sekolah di SMP Maqom Tahrir (Plus) Rengel". Berikut Laporannya :
 
BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah
Internet  merupakan  media  informasi  terkini  dan  paling  uptodate  berisikan  data informasi  yang  dapat  diakses  secara  global.  Melalui  internet  orang-orang  dapat bertukar  informasi  tanpa  harus  bertatap  muka  sehingga  memudahkan  pekerjaan seseorang. Pada saat ini, teknologi internet semakin lama semakin berkembang dan menarik perhatian sejalan  dengan  perkembangan  perangkat  lunak. Perangkat lunak tersebut adalah software yang dapat digunakan untuk menampilkan data di internet semenarik mungkin dapat berupa teks, gambar, suara dan animasi. Keberadaan internet menjadi sarana untuk mendapatkan dan menyebarkan informasi dengan cepat. Internet memberikan keuntungan bagi manusia baik itu dalam urusan individu maupun instansi seperti pendidikan, pemerintahan, dan komersial. Dengan menggunakan jaringan ini, sebuah organisasi dapat melakukan pertukaran informasi secara internal maupun eksternal dengan organisasi lain.
MP Maqom Tahrir (Plus) Rengel merupakan salah satu instansi pendidikan di Rengel masih mengalami kendala dalam memanage data karena belum memiliki website resmi, meskipun . Selama ini penyebaran informasi masih menggunakan blog. Secara online kita dapat menggunakan website sebagai wadah untuk mendapatkan dan menyebarkan informasi ke masyarakat luas. Website merupakan media informasi berbasis jaringan komputer yang dapat diakses dimana saja dengan biaya yang relatif murah.
Dengan adanya website instansi akan dengan mudah mempromosikan dan memberitahukan kepada masyarakat luas tentang profil, kegiatan, informasi, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan instansi tersebut. Selain itu, website memungkinkan instansi untuk memperoleh kemudahan dalam pengorganisasian data. Data yang disusun diorganisasikan diatur secara baik akan memudahkan dalam mendapatkan informasi  untuk pengambilan keputusan, dan sebaliknya data yang di-manage secara tidak baik akan menimbulkan masalah dalam pemrosesan informasi kinerja yang jelek, dan bahkan tidak fleksibel. Dengan demikian perlu adanya pembuatan website sebagai sarana untuk memanage data. Diharapkan dengan adanya website dapat mempermudah dalam memanage data,  mempermudah dan memperlancar arus informasi kepada orang tua siswa dan masyarakat  luas sehingga informasi lebih cepat diterima dan dapat diakses dari manapun. 

1.2. Perumusan Masalah
Pada dasarnya setiap lembaga pendidikan memerlukan sarana untuk menyampaikan informasi  sekolah  melalui  media  internet.  Sehubungan  dengan  hal  itu,  penulis merumuskan beberapa masalah sebagai berikut :
1. Bagaimana merancang dan membuat database.
2. Bagaimana merancang dan membuat user interface Website Profil SMP MaqomTahrir (Plus) Rengel  ini dapat mengatasi permasalahan yang ada.
3. Informasi apa yang yang dibutukan untuk pengenalan Website Profil SMP MaqomTahrir (Plus) Rengel  ini.

1.3. Batasan Masalah
Adapun batasan dari Laporan Kerja Praktek ini adalah :
1.  Tidak membahas Sistem perawatan dan pemeliharaan proses pengaplikasian database.
2.  Tinjauan umum mengatasi masalah yang ada pada instansi sekolah tersebut.
3.  Membangun website yang  memberikan informasi mengenai  SMP Maqom Tahrir (Plus) Rengel  baik  untuk  kalangan  mayarakat  umum maupun  dari  kalangan  sekolah.

1.4. Tujuan Kerja Praktek
Adapun tujuan dari kerja praktek ini adalah sebagai berikut: 
1. Mencari permasalahan atau kendala yang ada pada instansi sekolah tersebut dalam hal teknologi informasi.
2.  Mendokumentasikan data yang berhubungan dengan akademik sekolah.
3.  Sebagai pengenalan kepada mahasiswa Teknik Informatika di dunia kerja. 

Untuk Laporan Kerja Praktek selengkapnya bisa anda download Disini.
Website Profil Sekolah Berbasis CI bisa anda download Disini.
Databasenya Disini.

Demikian yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini, tunggu update selanjutnya. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat...
By : Adjie_ss

0 komentar:

Post a Comment