Monday 3 September 2012

IQ Rendah Lebih Rentan Kegemukan

Jakarta, Kecerdasan berhubungan dengan berat badan. Bukan cuma orang gemuk yang cenderung jadi lambat dan mengalami kerusakan struktur otak, tapi sebaliknya I(Intelligence Quotient) rendah juga bikin orang lebih rentan kegemukan.

Sebuah penelitian terbaru membuktikan hal itu melalui pengamatan berkelanjutan terhadap 34.400 orang yang sekaligus menjadi partisipan survei kesehatan nasional di Swedia. Para partisipan diamati sejak remaja hingga mencapai usia 40-an tahun.

Prof Dr Jerzy Leppert dari Uppsala University yang melakukan penelitian itu mendapatkan, orang-orang yang memiliki Intelegency Quotient (IQ) atau tingkat kecerdasan rendah di usia 18 tahun lebih rentan mengalami obesitas di usia 40-an tahun. Tingkat kegemukan terutama dilihat berdasarkan lingkar pinggang.

Sebaliknya, orang-orang yang pada usia 18 tahun teramati memiliki IQ di atas rata-rata risikonya untuk mengalami kegemukan di usia 40-an tahun cenderung lebih kecil. Dengan kata lain, orang dengan IQ tinggi cenderung langsing lebih lama dibanding yang memiliki IQ rendah.

Meski sudah menarik kesimpulan tentang hubungan antara kecerdasan dengan risiko kegemukan, Prof Leppert mengaku belum bisa menjelaskan mengapa bisa demikian. Namun yang jelas, temuan ini menurutnya bisa dipakai sebagai pendekatan baru dalam mencegah kegemukan.

"Strategi pencegahan obesitas yang ada sekarang harus lebih difokuskan pada kelompok yang lebih rentan, yakni orang-orang dengan IQ rendah," ungkap Prof Leppert yang akan mempresentasikan temuannya ini dalam pertemuan tahunan American Heart Association di Orlando, seperti dikutip dari Healthday, Rabu (16/11/2011).

Sejumlah ahli memang sudah membuat spekulasi tentang temuan ini, meski masih harus dibuktikan melalui penelitian. Sebagian menganggap, IQ berhubungan dengan tingkat sosioekonomi yang pada akhirnya mempengaruhi tingkat pemahaman dan ketersampaian informasi tentang hidup sehat.

Kurangnya pemahaman dan informasi tentang hidup sehat membuat orang-orang dengan IQ rendah kurang memperhatikan pola makan dan akhirnya menjadi lebih gemuk. Selain itu, risiko sakit jantung juga meningkat karena kegemukan merupakan salah satu faktor risiko utamanya.

Sumber : http://health.detik.com/read/2011/11/16/121735/1768442/763/iq-rendah-lebih-rentan-kegemukan?l771108bcj

0 komentar:

Post a Comment