Monday 3 September 2012

Jangan Mandi Air Panas dan Makan Telur Kalau Kulit Sering Gatal

Jakarta, Gatal-gatal adalah salah satu ruam pada kulit yang paling umum dan peling sering disebabkan oleh reaksi alergi makanan atau obat-obatan. Alergi memicu kulit untuk melepaskan histamin, yang menyebabkan peradangan, gatal, dan ruam.

Gatal tersebut biasanya dapat muncul dan sembuh selama beberapa jam, tetapi jenis gatal yang kronis dapat bertahan hingga enam minggu atau lebih.

Berikut cara yang dapat ditempuh untuk meredakan gatal-gatal pada kulit, seperti dilansir dailyglow, Senin (3/9/12) yaitu:

1. Jangan mandi air panas dan makan telur

Mandi air panas dan makan makanan seperti telur, kerang, kacang-kacangan, susu dan biji-bijian dapat memicu pelepasan histamin. Minuman beralkohol dan aspirin juga dapat memperburuk gatal-gatal.

2. Beli obat ini di apotek

Redakan gatal yang menyebabkan ruam merah dengan mengoleskan krim Benadryl atau mengambil bentuk oralnya. Jika Benadryl membuat Anda terlalu mengantuk, cobalah untuk mengambil Claritin atau krim kortison seperti Cortaid atau cortizone-10.

3. Pakai obat resep dokter

Jika gatal-gatal membandel dan sulit diatasi, dokter mungkin akan meresepkan pil kortison atau antihistamin kuat seperti Atarax, Zyrtec, atau Allegra. Obat-obatan seperti Zantac, Tagamet, dan Pepcid juga dapat membantu mengurangi pembengkakan dan gatal-gatal karena memiliki efek antihistamin.

4. Coba Akupuntur

Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa akupunktur efektif untuk mengobati gatal-gatal. Akupuntur selama 45 menit dapat meningkatkan kadar kortisol dalam aliran darah yang merangsang kemampuan alami tubuh untuk melawan peradangan.

5. Segera periksa ke dokter jika mengalami kesulitan bernapas

Jika gatal tiba-tiba menjalar ke wajah dan menyebabkan pembengkakan pada bibir dan lidah atau suara serak, carilah pertolongan medis sesegera mungkin. Gatal dengan gejala seperti ini bisa menjadi tanda dari kondisi angioedema yang berbahaya, karena dapat menyebabkan sulit bernapas atau menelan.

Sumber : http://health.detik.com/read/2012/09/03/143233/2006338/766/jangan-mandi-air-panas-dan-makan-telur-kalau-kulit-sering-gatal-gatal

0 komentar:

Post a Comment