Monday 3 September 2012

Pendidikan Ibu Pengaruhi Kesehatan Keluarga

Jakarta, Asia Pacific Development Summit merupakan forum negara-negara di Asia Pasifik yang mengulas isu-isu pembangunan secara regional. Pada tahun 2012, forum ini akan digelar untuk kedua kalinya di Jakarta.

Pada pertemuan kali ini, yang menjadi sorotan adalah profil kesehatan di kawasan Asia Pasifik, terutama kesehatan ibu dan anak. Forum ini juga dibuat untuk mendorong terciptanya kemitraan sektor publik dan swasta untuk menghasilkan strategi terpadu untuk mempercepat pencapaian tujuan MDGs yang berkaitan dengan kesehatan.

Berbicara di hadapan perwakilan dari berbagai negara di Asia Pasifik, Wakil Menteri Kesehatan RI, Ali Ghufron Mukti membeberkan pencapaian dan kendala yang dihadapi Indonesia. Ia juga menekankan pentingnya pemahaman kesehatan bagi kaum ibu.

"Perlu disadari bahwa pendidikan ibu akan sangat mempengaruhi status kesehatan keluarga dan anak-anak," kata Ali Ghufron Mukti, wakil menteri kesehatan RI di hadapan hadirin dalam pembukaan Asia Pacific Development Summit 2012 di hotel J.W. Marriot Jakarta, Senin (3/9/2012).

Lebih lanjut lagi, Ali Ghufron menjelaskan bahwa saat ini pemerintah Indonesia sedang berfokus pada peningkatan kesadaran kesehatan masyarakat di daerah, mempromosikan pentingnya ASI eksklusif dan mengupayakan pencegahan penularan penyakit.

Dalam sambutannya, Ali Ghufron menjelaskan beberapa masalah yang masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah Indonesia, terutama kementerian kesehatan, yaitu kurangnya persebaran tenaga medis di berbagai daerah di Indonesia, kurangnya alokasi dana untuk kesehatan hingga masih tingginya angka kematian ibu melahirkan.

"Oleh karena itu, pemerintah kini lebih memfokuskan perhatiannya terhadap daerah-daerah terpencil serta pelosok dan perbatasan yang kesulitan mendapat akses kesehatan," terang Ali Ghufron.

Selain itu, Ali Ghufron juga menjelaskan program jaminan kesehatan yang telah berjalan sejak tahun 2008. Ia juga memamerkan program persalinan gratis yang disebut dengan Jampersal di hadapan para hadirin.

"Sekarang semua ibu hamil bisa melahirkan gratis di RS Kelas 3. Hal ini tak hanya berlaku bagi yang kurang mampu saja, melainkan bagi seluruh ibu hamil di Indonesia," terang Ali Ghufron.

Sumber :  http://health.detik.com/read/2012/09/03/162135/2006570/763/pendidikan-ibu-pengaruhi-kesehatan-keluarga

0 komentar:

Post a Comment