Sunday 16 September 2012

Sejarah Kota Tuban

Sebuah sejarah adalah hal yang penting untuk mengingatkan tentang apa yang telah terjadi. Terkadang sejarah menjadi teramat penting untuk menentukan asal-usul sebuah hal. Sejarah selalu memuat banyak hal untuk dipelajari dan ditelaah. Seperti halnya sebuah cerita, sejarah terkadang ada yang nyata dan sebagian merupakan sekedar cerita yang harus dibuktikan kebenarannya. Fakta adalah hal yang mungkin ada pada sebuah cerita. Sejarah tak sedikit yang berisi fakta. Sebagian ahli menyebutnya fakta sejarah. Adapula sejarah yang diciptakan untuk tujuan tertentu. Ini dinamakan sejarah yang masih perlu dianalisa kebenarannya. Mempelajari sejarah sebuah hal akan membuka cakrawala baru. Dengan mempelajarinya, bisa dipastikan akan ada pengetahuan baru yang menyangkut kejadian di masa lalu. Sejarah adalah catatan kejadian di masa lalu. Banyak hal memiliki nilai sejarah yang berbeda.

Tuban juga mempunyai sejarah klasik terkait penamaannya tersebut. Arti kata TUBAN berasal dari bahasa jawa yang berarti “keluar airnya”. TUBAN adalah gabungan dari kata “meTU BANyune”. Orang Jawa sering membuat dua kalimat atau lebih menjadi lebih pendek. Pada dua kata sebelumnya, orang jaw memadukan dua kata tersebut menjadi sebuah kata. Dua kata “meTU BANyune” disingkat menjadi satu kata yaitu “TUBAN”. Hal inilah memiliki sejarah tersendiri. Orang jawa memang menyukai hal-hal yang mudah dalam menyebut sesuatu hal. Mereka tidak menyukai kata-kata yang ruwet atau panjang. Banyak kata disingkat menjadi satu kata dengan tujuan untuk mempermudah pengucapannya. Tak hanya kata TUBAN, banyak kata lainnya juga diperpendek. Hal ini tentu saja sangat baik mengingat satu kata lebih mudah diucapkan dan diingat daripada kata yang lebih panjang.

Setelah mengetahui arti kata TUBAN, selanjutnya akan kita pelajari mengapa orang jawa memanggilnya TUBAN. Hal ini dipercaya terjadi di masa lampau. banyak orang percaya kejadiaannya terjadi pada masa Majapahit. Karena tidak ada dokumen atau prasasti resmi tentang hal itu, yang akan dibahas disini adalah mengapa orang jawa menyebut kata TUBAN. Pada jaman itu (masa kerajaan majapahit), sebuah tempat baru yang masih berupa hutan dan belum begitu dikenal manusia di temukan. Sebuah sejarah menyebut bahwa tempat ini awalnya adalah sebuah belantara yang disulap mejadi tempat hunian. Orang yang pertama kali membuka hutan dan menemukan tempat ini sangat heran dengan adanya begitu banyak sumber air. Tak hanya sumber air yang banyak, ditempat ini banyak ditemukan tempat-tempat yang mengeluarkan sumber air. Di berbagai tempat, air memancar begitu deras tanpa perlu menggalinya. Kenyataan ini membuat sang penemu tempat ini terperangah dan kemudian menamainya TUBAN yang berarti “KELUAR AIRNYA” atau “meTU BANyune”.

Kata TUBAN berarti sebuah KOTA. Sejak awal munculnya kata ini, banyak orang yang tidak menyangka tentang arti dari kata TUBAN. Yang diketahui oleh warga umum, kata TUBAN hanyalah berarti sebuah kota. Kota TUBAN sendiri merupakan sebuah kota yang sangat tua dibandingkan kota lainnya. Kota ini memiliki banyak karakteristik unik. Selain memiliki begitu banyak sumber air, banyak Goa ditemukan ditempat ini. Banyak sejarah mengungkapkan betapa seringnya gua-gua ini menjadi tempat pertapaan serta sebagai tempat perjuangan di masa lalu. Mungkin karena struktur kota ini yang berasal dari bebatuan, banyak mata air tanah yang tersimpan dan pada akhirnya menjadikan tempat ini penuh dengan sumber air yang melimpah.

kota TUBAN pernah menjadi kota ADIPURA. Hal ini diraih dengan penuh perjuangan. Dimasa lalu, kota TUBAN menjadi kota yang sangat ramai sebagai pelabuhan dan juga persinggahan banyak budaya. Karena lokasinya yang dekat dengan pantai, tempat ini menjadi sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi. Banyak kapal dan perahu berabuh disini. Pertumbuhan ekonomi dimasa lalu sangat luarbiasa. Tak hanya itu, kebudayaan kota TUBAN juga sangat unik dan beragam. Hal ini menjadi mungkin berkat banyaknya tipe msyarakat yang mengunjungi tempat ini.

TUBAN berarti sebuah kota. Sejarah kota tuban berarti mata air yang muncul tanpa perlu menggalinya. Orang yang pertama kali menemukan tempat ini menamainya TUBAN karena keunikannya tersebut. Sebagai sebuah kota yang dipenuhi mata air, Kota TUBAN menjadi tempat yang makmur. Karena dekat dengan laut, tempat ini menjadi sangat ramai dimasa lalu. Banyak dijumpai Goa di kota TUBAN karena struktur kota ini dipenuhi bebatuan. Kota TUBAN adalah sebuah tempat di Jawa Timur yang sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi.

Sumber : http://www.tubancity.com/2012/03/sejarah-dan-arti-kata-kota-tuban.html

0 komentar:

Post a Comment